Posted by: Indonesian Children | June 28, 2009

Motorik Oral pada Anak

Perkembangan motorik anak termasuk di antaranya perkembangan motorik oral merupakan salah satu bagian penting, karena beberapa gangguan perkembangan motorik oral ternyata dapat mengganggu kualitas hidup seorang anak.

Perkembangan Motorik oral  

Ada beberapa pemikiran sampai saat ini tentang bagaimana perkembangan  motorik oral anak yang terutama didasari oleh perilaku makan anak, tanpa menyelidiki kemungkinan adanya keterkaitan dengan perkembangan bahasa. Banyak penelitian bertujuan untuk menilai oral motor kontrol dan bahasa terfokus pada diadokokinesis, kemampuan untuk mengulang silabus secepat mungkin, yang tampak menyimpang dari definisi nonverbal ketrampilan motorik oral dan juga meragukan nilai diagnose dari kesulitan-kesulitan oral praxis.

Kapan seorang anak mencapai level kematangan fungsi ketrampilan motorik oral (oral motor skill) masih banyak dipertanyakan. Landt menyatakan bahwa kematangan tidak mungkin dicapai pada usia 11 tahun, saat aspek yang lebih menyerupai percakapan dari suatu perkembangan ini maka kematangan mungkin dicapai sekitar 14 tahun. Sebaliknya peneliti lain menyatakan bahwa kematangan mungkin dicapai pada usia yang jauh lebih muda.

Milestones Perkembangan Motorik Oral

Perkembangan motorik oral merujuk pada kegunaan dan fungsi dari bibir, lidah, rahang, gigi, dan palatal keras dan lunak. Pergerakan dan koordinasi struktur ini adalah sangat penting dalam produksi bicara, proses menelan yang aman, makan berbagai tekstur makanan. Perkembangan motorik oral normal dimulai sebelum sampai sesudah lahir dan berlanjut sampai usia tiga tahun. Usia empat tahun paling aman untuk mengkonsumsi makanan padat dan cair tanpa tercekik. Pola-pola perkembangan motorik oral yang dapat kita ikuti adalah:

  • Sebelum lahir : perkembangan refleks isap dan menyusu sekitar usia 36 minggu
  • Saat lahir sampai tiga bulan : terlihat refleks proteksi jalan nafas, respon terhadap rangsangan di dalam dan sekitar mulut, pergerakan kepala mencari nipple saat pipi di tepuk, mengkonsumsi ASI  atau susu formula menggunakan nipple, koordinasi pernafasan dengan dua sampai tiga isap sebelum menelan dan bernafas.
  • Usia tiga sampai enam bulan : memegang dan mangangkat gagang botol tetapi masih memerlukan bantuan, mengkonsumsi cereal beras atau pure buah dan sayur, makan dengan menggunakan sendok bayi.
  • Usia enam sampai sembilan bulan : memegang botol tanpa bantuan, membersihkan sendok dengan bibir atas, makan daging giling dan variasi pure lainnya.
  • Usia sembilan sampai dua belas bulan : mendemonstrasikan penutupan bibir saat menelan makanan cair dan padat lunak, memulai makan sendiri dengan jari-jarinya menagambil makanan kecil, anak akan berusaha makan sedikit demi sedikit mengisap dan melumatkan makan jenis crackers dan sereal, mulai mencoba minum cairan dari sippy cup, mulai mengkonsumsi makanan yang dilumatkan, minum dengan sippy cup dan berusaha memegang gagang tanpa bantuan, mulai minum dengan sedotan 
  • Usia dua belas sampai delapan belas bulan : koordinasi pola menyusu, menelan dan mengisap lebih teratur dan berurutan, mulai makan makanan degan irisan halus, menggigit makan kering seperti cookies dan crackers, menggerakkan makanan di dalam mulut dari satu sisi ke sisi lain seperti mengunyah.
  • Usia delapan belas sampai dua puluh empat bulan : makan menggunakan sendok tetapi masih memerlukan bantuan.
  • Usia dua puluh empat sampai tiga puluh enam bulan : mengkonsumsi berbagai makanan padat dan cair dengan sedotan atau cangkir, menggunakan sendok saat makan, tanpa tergantung melakukan seluruh ketrampilan makan.
  • Usia tiga puluh enam bulan sampai lima tahun : perkembangan lebih jauh mengunyah, menelan berbagai tekstur makanan seperti daging, gorengan, dan berbagai buah-buahan dengan supervisi saja, mulai menggunakan garpu untuk makan, minum dengan cangkir tanpa bantuan.

 

Supported  by
CLINIC FOR CHILDREN

Yudhasmara Foundation

JL Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Indonesia 102010

phone : 62(021) 70081995 – 5703646

http://childrenclinic.wordpress.com/

 

 

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO

email : judarwanto@gmail.com

 

 

Copyright © 2009, Clinic For Children Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: