Posted by: Indonesian Children | April 25, 2009

SPEECH SCREENING – SKRENING BICARA PADA ANAK

INSTRUMEN PENYARING KETERLAMBATAN BAHASA

Dr Widodo Judarwanto SpA

CHILDREN ALLERGY CLINIC
PICKY EATERS CLINIC (KLINIK KESULITAN MAKAN)
Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat
telp : (021) 70081995 – 70081995
email :
wido25@hotmail.com , http://alergianak.blogspot.com

Banyak instrumen yang dipakai untuk menyaring, mendiagnosa dan mengintervensi keterlambatan bahasa anak usia sampai lima tahun. Tabel di bawah ini adalah daftar sebagian instrumen yang sering dipakai di beberapa negara. 4,48,49
Instrumen-instrumen penilaian dibagi menurut penilaian bahasa dan bicara juga berdasarkan pemakaiannya. 48

PENILAIAN BAKU

Elicited Language Inventory
Oral and Wriitten Language Scale
Emerging Literacy nd Language Assessment (ELA)
Sequenced Inventory of Communication Development (SICD)
Expressive One word Piccture Vocabulary Test (EOWPVT)
Peabody Picture Vocabulary Test(PPVT)
Expressive vocabulary Test (EVT)
Preschool Language Assessment Instrumnt (PLAI)
Language Processing Test-Revised

Miller-Yoder language Assessment Instrument (PLAI)
Clinical Evauation of Laguage Function (ELF)
Preschool Language Scale (PLS)
Commuication Abilities iagnostic Test (CADeT)
Receptive Oe Word Picture Vocabulary Test
Comprehensive Assessment of Spoken Language (CASL)
Reynell Development Language scale
Multilevel Informal Language Inventory (MILI)
SCAN-A: A test for Auditory Processing Disorders in Adolescent and adults
Carolina Picture Vocabulary Test for Deaf and Hearing Impaired Children

Instrumen Penilaian Bahasa

BAHASA
WAWANCARA/PENILAIAN BERBASIS LAPORAN KELUARGA
AEPS measurement for birth to 3 years
Ages and Stages Questionnaire
AEPS measurement for 3-6 years
Infant Monitoring Questionnaires
Battelie Development Inventory
Langugae evelopment Survey
Bayley Scales of Infant Development (BSID)
McArthur Communicative Development Inventoris
Birth to three Development and Intervention System (BTAIS)
Receptive Expressive Emergent Language Scale (REEL)
Brigance Diagnostic Inventory of Early Development (IED)
Scales of Adult Independence and Recall (SAILR)
Callier Azusa Scale

Childhood Autism Rating Scale (CARS)

Communication and symbolic behaviour scale (CSBS)

Early Langugae Milestone scale(ELM)

Gilliam Autism Rating Scale

Mullen Scales of Early Learning

Rosseti Infant-Toddler Language scale

Stocker Probe for Fluncy and Language

Therapy Outcome measurement

ANALISA CONTOH BAHASA
Black English Sentence Scoring
Conversation Analysis Profile for People with Cognitive Impairement
Conversational Analysis
Development Sentence Scoring
Discourse Analysis
Grammatical Morphemes Profile
Index of Productive Syntax
Mean Length of Utterance
Type Token Ratio

Instrumen Penilaian Bicara

Apraxia Battery for Adults (ABA)
Fisher Logemann Test of Articulation Competence
Apraxia Profile
Frenchary Dysarthtria Assessment
Arizona Articulation Proficiency scale
Goldman –Fristoe Test of Articulation
Assessment of fluency in School Age Children
Kaufman Speech raxis Test
Assessment of Intelligibility of dysrthric speech
Lexical Neighborhood Tests (LNT)
Clinical Assesment of Articulation and Phonology (CAAP)
McDonald Deep Test of Articulation

CID Phonetic Inventory
Oral Language Sentence Imitation Diagnostic Inventory (OLSIDI)
Compton Phonological Assessment of Children
Photo articulation Test (PAT)
Compton Hutton Phonological Assessment
Riley Articulation and Languagae Tet
Dysarthria Examination Battery
Screening Test for Development Apraxia of Speech
Dysarthtria Profile (Robertson)
Sloson Articulation, Language Test with Phonology (SALT P)
Smit-Hand articulatioy Evaluationn and phonology
Stocker Probe for Fluency and Language Stuttering

Analisa contoh bahasaS

KALA RECEPTIVE EXPRESSIVE EMERGENT LANGUAGE
Skala Receptive Expressive Emergent Language (REEL) adalah salah satu jenis instrumen yang berbentuk kuesioner yang diisi oleh orang tua. REEL pertama kali dipakai tahun 1971, yang kemudian mengalami revisi pertama kali tahun 1991, dan yang terakhir, REEL -3, tahun 2003.
Skala REEL menggunakan model penilaian tridimensi, yaitu menilai perkembangan bahasa menurut isi, bentuk dan pemakaian bahasa, menurut 4 tahap perkembangannya seperti yang iuraikan oleh Bzoch, dan juga menurut proses berbahasanya baik resptif maupun ekspresif. Kuesioner penilaiannya dibagi dalam 2 subskala yaitu komponen bahasa reseptif dan bahasa ekspresif. Masing-masing subskala terdiri dari 66 pertanyaan. (lihat lampiran 1) Empat tahap usia perkembangan bahasa dalam skala REEL adalah tingkat pertama ( 0- 3 bulan), kedua (3-9 bulan), ketiga (9-18 bulan ) dan tingkat keempat (18-36 bulan). 24 Kelompok usia yang terakhir ini yang akan dipakai dalam penelitian ini.
Pengisian kuesioner dapat melalui wawancara langsung dengan orang tua atau care giver atau pemberi laporan dapat mengisi sendiri formulir kuesioner. Pengisian kuesioner ini membutuhkan waktu kira-kira 15-20 menit, dapat dilakukan di klinik atau di rumah.
Tiap subskala REEL akan dihitung skor masing masing. Skor yang didapat dari tiap subskala ini merupakan nilai mentah yang akan dikonversikan lagi menjadi skor kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif. Hasil penjumlahan nilai mentah reseptif dan ekspresif juga akan dikonversikan menjadi skor kemampuan bahasa (language ability score = LAS) (lihat lampiran 4). Berdasarkan nilai kemampuan bahasa anak dapat ditentukan tingkat perkembangan bahasa, dengan demikian akan terlihat apakah ada keterlambatan dalam perkembangan bahasanya (table di bawah)

 

Supported  by
CLINIC FOR CHILDREN

Yudhasmara Foundation

JL Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Indonesia 102010

phone : 62(021) 70081995 – 5703646

http://childrenclinic.wordpress.com/

 

 

 

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO

email : judarwanto@gmail.com

 

 

 

 

 

 

 

Copyright © 2009, Clinic For Children Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: